Saturday, April 21, 2012

Cara Memperbaiki Tampilan Display bergaris pada LCD PROJECTOR

LCD-PANEL-LENGKAP-UNTUK-SONY VPL-ES2, projector lcd panel

Pada posting kali ini kita akan terfokus pada LCD PROJECTOR atau LCD PROYEKTOR, sesuai dengan judul postingan kita kali ini Golden Visual - LCD PROJECTOR SERVICE CENTER di Medan akan memberikan beberapa trik untuk perbaikan lcd projector dengan gejala Tampilan Display Bergaris pada lcd Projector.

Pada umumnya lcd panel pada lcd projector berfungsi sebagai jantung pada lcd projector, yaitu sebagai color system yang akan diteruskan kembali melalui lensa.dimana didalam lcd panel full set terdapat polarizer, flexible color, prism dll
EPSON-LCD-PANEL-PROJECTOR, service lcd projector panasonic di medan

Dalam setting adjusting dan alignment untuk lcd panel projector tidaklah mudah dan cepat seperti halnya setting atau adjusting pada lcd tv atau led tv. seorang engineer haruslah mempunyai kesabaran dan teknik yang bagus dalam pengerjaannya.

cara kerja lcd projector, service lcd panel projector

Gejala yang sering ditimbulkan lcd projector jikalau terjadi kerusakan pada lcd panel adalah 
  • ketidaksesuaian warna pada tampilan projector
  • Adanya garis horizontal atau vertical pada display lcd projector
  • Warna tidak sesuai dari input source
  • Warna Menjadi pudar dan buram
  • Dll
cara kerja lcd projector bisa dilihat dari gambar berikut:


cara-kerja-lcd-panel-pada-E, perbaikan lcd projector sony
Kerusakan ini dominan terjadi pada lcd projector SONY (vlp-es2, vpl-es4, vpl-es7, vpl-cx2, vpl-cx7) maupun lcd projector PANASONIC PT-LC series seperti Panasonic PT-LC55E. pada umumnya kerusakan lcd panel sering dijumpai pada unit tersebut.
LCD-FULL-SET-FOR-SONY VPL-ES2 (2), lcd panel untuk projector

Berikut kami berikan tips perbaikannya:
  1. Buka casing lcd projector dan keluarkan lcd panel dari dalam unit projector.
  2. Bersihkan engine projector yang mencakup lensa, fan, lampu, relflektor lamp, main PCA, power supply, projector lamp power supply dari debu yang menempel pada part lcd projector tersebut.
  3. Gunakan kuas yang halus dalam pembersihan engine lcd projector untuk membersihkan casing, fan, main PCA, Lamp Ballast, Power supply.
  4. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa maupun optic lcd projector.ami menyarankan tidak menggunakan alkohol dalam pembersihan lensa dalam maupun lensa luar pada lcd projector.
  5. Setting alignment dan adjusting pada masing bagian RGB panel lcd dengan cara memutar skrup setting pada bagian belakang lcd panel
  6. Setelah warna selesai disetting sesuai dengan input color, pasang kembali semua tools lcd projector.
  7. Test system pewarnaan pada display lcd projector apakah terjadi misaligment atau tidak.

Pengerjaan ini memakan waktu 5-9 hari sampai selesai, jika salah satu RGB panel flexible tidak berfungsi dapat dipastikan flexible tersebut sudah tidak dapat dipergukanan kembali alias tidak bisa memberikan system color secara maksimum terhadap panel.

LCD-PANEL-COMPLETE-FOR-SONY VPL-ES2, sony projector service center medan1

Demikian beberapa tips dari kami dalam setting lcd panel pada lcd projector, jangan ragu menghubungi kami jika anda kesualitan dalam pengerjaan dan cleaning all projector engine, kami siap membantu anda dalam perbaikan lcd projector di atas. Wherever you are, Who you are, It's doesn't even matter for all projector service and repair.

Hubungi :
GOLDEN VISUAL - Projector Service & Rental
Jl. Mawar Raya No.153-A, Helvetia
Medan - Sumatera Utara 20124
Telp: 061 - 75019693

Untuk pricelist lampu projector klik disini atau daftar harga lampu proyektor klik disini.



23 comments:

Slm Knal,Saya pnya Proyector dengan merk Hitachi CP-S220WA pada tampilan mengeluarkan garis berjalan vertical dan tidak permanen setelah beberapa menit garis berkurang,kira2 kerusakan dibagian apa ya?,maklum masih awam boss.,

Salam Kenal Gan,,,
langsung aja ke TKP,,,
Kalau Projector mengeluarkan garis vertica ada 2 kmungkinan engine yang menglami Trouble..
1. Main PCA atau sering disebut MAINBOARD Projector
2. VGA Board

Cek satu persatu secara teliti, niscaya pasti dapat kerusakannya,,

Atau agan ragu,,hubungi kita untuk service lebih lanjut...

Salam Golden Projector Service...
saya mengalami kerusakan di LCD focus Merk InFocus IN102, ditampilan awal terdapat garis-garis putih vertical, kira2 apa yang harus saya lakukan untuk cara memperbaikinya, dan biasanya komponen apa yang menyebabkan terjadinya gejala tersebut. mohon bantuannya...
sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
email : danilisa110282@gmail.com.

met pagi..saya punya proyektor LCD SONY Series...
kalau di hidupkan dia hidup..tidak sampai 5 menit mati dan tidak bisa di hidupkan lagi..kira-kira masalahnya di mana itu ya gan..

@danilisa110282@gmail.com

Permasalahan yang anda alami sering terjadi pada semua type DLP Projector

Kerusakan terjadi pada DMD Board, Cek dan install kembali DMD board anda untuk memastikan bahwa letak dan posisi DMD Board sudah benar,

Jika anda ragu, bisa langsung membawa kepada kami (FREE,,,,)

@Irsal....

Masalah untuk kerusakan seperti gejala yang anda sebutkan terjadi pada Power Supply LCD Projector..

Cek satu per satu komponen yang trouble pada power supply,,,coba saja dengan analisa dan kesabaran,,Pasti Bisa..

Jika anda ragu bisa membawanya ke service centre kami untuk analisa GRATIS

Salam kenal saya seorang guru (nama saya pak Syukron), LCD di sekolah saya merk Sony eps 5, masalah yang timbul dari LCD kami adalah kalo setelah dinyalakan beberapa detik +- 1 menit langsung mati. saya sudah coba bersihkan dari debu tapi tidak bisa membuka casing LCD ini.
Mohon untuk bisa memberikan info cara membuka casing LCD SOny Eps5. (saya sudah lepas semua sekrup termasuk di dalam lampu dan pendingin tapi cover belum mudah dilepas) mohon jawaban bisa langsun di emailkan pak. syukronafwan@yahoo.co.id

@ Bapak Syukron:

Pelepasan Casing pada projector (All Type) bisa dilakukan secara paksa dengan menggunakan bahan yang terbuat dari FIBER seperti Bekas Tempat SIM CARD GSM, kartu ATM, Kartu Kredit, atau sejenisnya...

Buka casing dengan menggunakan bahan tersebut dengan hati (agak dipaksa cara membukanya) dikarenakan casing pada LCD Projector terkait satu sama lain.

Jangan terlalu keras, sehingga tidak terjadi gangguan pada sensor..

NOTE: Buka terlebih dahulu lampu dari tempatnya...

untuk info lebih lengkap dapat menghubungi kami sesuai dengan NO diatas


Salam..

lcd proyektor epson eb- x100 kerusakan hidup sebentar kemudian mati ditandai dengan indikator lampu dan temperatur menyala dimana kerusakannya pak...

@pradana mandiri:

Untuk kerusakan dan perbaikan projector epson eb-x100 bisa dilakukan dengan membersihkan sensor pada FAN BLOWER pada engine projector..

Bersihkan fan blower dari debu yang menempel, lalu pasang kembali dengan benar.

Note:

- Hati2 dalam pembersihan Fan blower, jangan kisi2 fan sampai patah (bersihka dengan menggunakan tissue yang lembut dan jangan memakai electrical component cleaner.

Sekian dan salam sukses

Saya memiliki lcd proyektor Benq MX 501 yang kira2 baru dipakai 100 jam. Sekrang mengalami masalah yaitu bergaris hitam vertikal. Ini apanya yg rusak. apa dari settingan lcdnya atau hardwarenya. mohon solusinya !
Terima kasih

Tampilan LCD kami Muncul garis garis Vertikal bagaimana cara memperbaiki Model EX220U Mitsubishi, Trimah kasih

@BEZY:

untuk solusi BENQ MX501 bisa dilakukan dengan mencek DMD board yang berada dibelakng lensa..

besihkan semua engine dengan menggunakan tissue yg lembut, kencangkan semua connector pada masing2 slot dengan baik dan benar.

jangan lupa menambahkan thermal pasta pada dmd chip.

hati2 dalam pembersihan engine, jangan sampai sensor error.

NOTE:

Kalau tidak bisa juga, coba reset projector ke FACTORY RESET pada MENU

sekian...

@ Untung Rambipuji

Hampir sama kasusnya dengan yang dialami saudara BEZY..

dengan melakukan hal yang sama yaitu:

- Bersihkan DMD board yang berada di belakang lensa
- Tambahkan Thermal Paste pada DMD chip
- besihkan semua debu yang menempel pda engine projector dengan menggunakan tissue halus,,

Note:

jika tidak bisa menggunakan cara diatas, lakukan dengan RESET FACTORY DEFAULT pada Menu

Thanks

Salam kenal, sy mau nanya klo merk LCD Projector BenQ klo dihidupkan tampilannya ada garis vertikal bagaimana cara penanganannya ? Bagian apa yg rsk ? makasih atas informasinya

Untuk perbaikan proyektor BENQ:

1. cek dudukan slot DMD Board pada engine, mungkin slot dmd board gantung.

2. lakukan cleaning overhaul secara berkala pada engine proyektor

NOTE: hati2 dalam pengerjaan dmd board.

semoga bisa membantu.

Hubungi service proyektor benq terdekat dikota anda.

Gan memperbaiki eror pada iris otomatis gmn?

Gan gmn memperbaiki proyektor epson eb_x100 eror pada iris automatis

@Sofyan Tanjung:

Untuk perbaikan LCD Proyektor Epson EB-X100 bisa dilakukan dengan pengecek automatic Mechanic rail pada iris engine projector.

Unit ini berada di depan cangkang lampu unit projector, bongkar iris projector, lumasi mekanik rail dengan electronical oil degreaser.

Pasang kembali secara tepat mekanik railnya,

Semoga bermanfaat untuk perbaikan iris error pada epson eb-x100

Salam kenal. saya punya lcd proyektor Hitachi seri CP-RX79.

permasalahannya adalah, ketika proyektor dinyalakan, 5 menit kemudian gambar berubah seperti ada air berwarna biru di tengah tampilan.

kalau di biarkan, lama-lama semakin membesar.

kira-kira kalau seperti itu, permasalahannya ada dimana?

Terima kasih.

Perbaikan Proyektor Hitachi CP-RX79 bisa dilakukan dengan penggantian LCD Panel dan repai main PCI

Kami bisa membantu untuk perbaikan dan adjust lcd panel

CALL US

salam kenal, saya punya lcd projektor Sony VPL-ES2
bergaris putih vertikal , jika hasil pembacaan saya dari artikel agan di atas permasalahan ada pada (lcd panel)
1. kira-kira berapa harga lcd panal yang baru ?
2. bisa order sama agan gk ?

salam kenal gan, saya punya projektor VPL-ES2
masalahnya bergaris vertical putih
dari solusi yang saya baca dari artikel agan di atas, permasalahan ada ( lcd panel )
1. berapa harga lcd panel yang baru gan ?
2. bisa order sama sama agan gak ?

Post a Comment