Monday, April 9, 2012

"PROJECTOR SERVICE CENTER": Cara Memperbaiki Projector Yang Overheat

Lama vakum tidak nulis seputar KERUSAKAN LCD PROJECTOR, Kali ini saya akan membahas suatu masalah kerusakan LCD PROJECTOR yang pada umumnya terjadi pada jenis LCD Projector.

Langsung saja ke TKP,,,,Sesuai dengan judul kita SERVICE LCD PROJECTOR: "OVERHEAT PADA LCD PROJECTOR".

Unit lcd projector yang sering memiliki masalah dengan overheat adalah SONY VPL-Series...dan PANASONIC dan jika dibiarkan lama-kelamaan bisa menjadi Premature Shutdown atau mati total

Ini tidak baru lagi bagi kami sebagai Pusat Perbaikan Lcd Projector di Medan, Possibility Damage untuk masalah ini terletak pada
  1. Errornya FAN pada unit lcd projector, dimana fan ini berfungsi sebagai fresh air inlet dan hot air exhaust, kelebihan tegangan pada fan lcd projector tidaklah bagus, yang bisa mengakibatkan kelebihan RPM pada fan sehingga siklus udara dalam unit lcd projector menjadi cepat dan tidak ada proses cooling down pada unit engine lcd projector. Jika di ukur suhu inlet dan suhu exhaust pada fan blower lcd projector terdapat hanya perbedaan kecil antara 31 C - 33 C (INLET) dan 34-36 C (EXHAUST) dimana secara normal suhu exhaust haruslah mencapai rata-rata 36-40 C, hal inilah yang menyebabkan salah satu penyebab LCD PROJECTOR OVERHEAT.
  2. FAN SENSOR ERROR, fan sensor pada lcd projector sangatlah sensitif untuk siklus udara, jikalau suhu yang melewati fan tidak stabil maka fan sensor akan menjadi error yang lama-kelamaan akan tidak berfungsi lagi.
  3.  MAIN PCI atau MAIN PCA pada lcd projector Error, Sudah barang tentu untuk pengaturan Proses FAN dan FAN SENSOR terletak pada MAINBOARD lcd Projector, Cek beberapa komponen yang lemah dan tidak berfungsi lagi yang jalurnya langsng menuju fan sensor

Cara perbaikan lcd projector dengan kejadian di atas bisa dilakkan sbb:
  • Untuk FAN ERROR bisa dilakkan dengan cara membersihkan propeller fan (inlet & exhaust), cek tegangan normal pada FAN yang bisa dilihat pada manual service lcd projector masing-masing
  • Setting tegangan FAN (inlet & exhaust) hingga mencapai limit RPM yang direkomendasikan oleh pabrikan lcd projector.
  • Jikalau hal diatas tidak dapat membantu, cek FAN SENSOR unit lcd Projector, bersikan sensor pada dengan menggnakan kasa halus (note: jangan sampai lecet, bisa mengakibatkan sensor tidak berfungsi lagi)
  • Modifikasi tata letak fan blower dan sensor pada lcd projector.
  • jikalau hal di atas tidak bisa membantu, cek komponen yang kemungkinan error pada mainboard lcd projector.

Untuk masalah kerusakan unit sering terjadi pada LCD PROJECTOR brand SONY, PANASONIC dan bagi yang kurang paham dengan pengerjaan service lcd projector dapat membawa ke "LCD PROJECTOR SERVICE CENTER" terdekat dikota anda, atau jangan segan menghubungi kami sebagai LCD PROJECTOR SERVICE CENTER-MEDAN kami siap membantu mengatasi masalah kerusakan LCD Projector anda.

Untuk LCD PROJECTOR REPLACEMENT LAMP dengan kualitas dan Harga yang Terjangkau bisa singgah DISINI


49 comments:

please help
proyektorku klw di nyalakan 1 menit kemudian muncul tulisan fan fail....knp bgitu?

@ Budiman:
Dalam service proyektor untuk fan fail bisa dilakukan pengecekan fan blower di dalam proyektor (bentuknya seperti keong)

Ganti fan blower sekalian bersihkan engine proyektor.

sekian

proyektor sya epson,lampu temp nyala itu knp ya?

epson saya punya lampu temp menyala itu knpa y?please tlong bantu!

saya punya epson, lampu temp nya menyala itu knpa y?

@ ierfan yasien:

Perbaikan service projector epson dengan lampu temp menyala bisa disebabkan oleh FAN ERROR.

Note/;
- Cek fan blower dalam keadaan casing terbuka, apakah masih berputar normal?
- Cek power supply dan mainboard projector, apakah konekktor tersambung dengan baik.

Sekian...

Pagi gan ane punya acer X1161N masalahnya ane pencet tombol powernya ko ga mau nyala, cuma nyala kedap-kedip tombolnya. kira2 masalahnya dimana ya? tolong dibantu gan.

lampu lcd proyektor ga mau nyala, apa masalahnya ya??? gmn cara mengatasinya ....

terima kasih....

@Yoga Setia:

Perbaikan Proyektor ACER X1161N bisa dilakukan dengan repair power supply, cek komponen power supply yang bermasalah

kedua: Cek FAN BLOWER yang dekat lampu, mungkin coketnya longgar

ketiga: cek perputaran color wheel, jika tidak berputar, bersihkan sensor color wheel dari debu yang menempel.

Terakhri: Cek kondisi lampu proyektor, apakah ada pengembunan, retak, keropos, berkabut

kami bisa bantu service proyektor anda

CALL US

lampu proyektor tidak bisa nyala disebabkan oleh:

1. lampu sudah keropos, pecah, retak, putus.
2. Cek kondisi power supply
3. lakukan cleaning overhaul engine untuk membersihkan sensor dari debu2 yang menempel.

jangan segan menghubungi kami, teknisi kami siap membantu anda dalam service proyektor

FREE Konsultasi via engineer

Sekian n semoga bermanfaat

Bos, apa jual power supply sony projector vlp-ex100 atau trafo switching.? switching tampak pada permukaan isolator meleleh, tegangan 17.5v dan 6.5v drop. terima kasih.

BenQ mp611 standby tapi gak Ɓɪ̣̝̇ڪɑ̤̥̈̊ª ϑǐ onin lampu kipas smua ƍäª mau nyala lamp standby lamp temp langsung nyala kuning gak mau ganti warna mnta bantuanya gan

@ Adieb Fuadi:
Service Proyektor BENQ MP-611 bissa dilakukan dengan pengecekan mainboard...
Cek pada IC Regulator Power pada mainboard.

Semoga Berhasil

GAN.. proyektor saya merek NEC NP-V260G.. setelah dibongkar maksudnya clening.setelah dipasang lagi saya coba nyalakan tapi lampu proyektornya tidak nyala..tanda dilampu indikatornya berwarna kuning... mohon solusinya gan...

Mohon informasi....proyektor saya BenQ 515, lampunya menyala tapi tidak stabil, kelihatan dari hasil tampilan yang terang-agak buram bergantian setiap detiknya

Epson EB-X100
Lampu diatas power saya hidup, tpi saya tekan Power a knapa y??
Please Tolong Bntuannya

Epson EB-X100
Lampu diatas power saya hidup, tpi saya tekan Power a knapa y??
Please Tolong Bntuannya

Projector infocus in102
Kerusakan awal Premature Suttdown,setelah ganti ic TOP pada regulator,ic PMD1000 pecah
setelah ganti ic PMD1000,sekarang kondisi Projector infocus in102
Panel Keylock indicator Led nyala tp tdk bisa di On kan
mohon solusiny gan
terimakasih.

Projector infocus in102
Kerusakan awal Premature Suttdown,setelah ganti ic TOP pada regulator,ic PMD1000 pecah
setelah ganti ic PMD1000,sekarang kondisi Projector infocus in102
Panel Keylock indicator Led nyala tp tdk bisa di On kan
mohon solusiny gan
terimakasih.

gan sya mw nanya klo lcd projector setelah diganti prosesornya dan d tes kmbali cuma indikator bling" saja apanya ya

gan sya mw nanya klo lcd projector setelah diganti prosesornya dan d tes kmbali cuma indikator bling" saja apanya ya

gan proyektor saya Sony VPL-EX100 tampilannya bergaris dan warnanya dominan biru githu...mohon pencerahannya gan,,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


gan infokus saya merek toshiba...mesin nya idup tpi kok gak ada tampilan sma sekali ya ?? pa nya yang rusak tu gan mohon bntuan nya

gan infokus saya merek toshiba...mesin nya idup tpi kok gak ada tampilan sma sekali ya ?? pa nya yang rusak tu gan mohon bntuan nya

gan infokus saya merek toshiba...mesin nya idup tpi kok gak ada tampilan sma sekali ya ?? pa nya yang rusak tu gan mohon bntuan nya

gan infokus saya merek toshiba...mesin nya idup tpi kok gak ada tampilan sma sekali ya ?? pa nya yang rusak tu gan mohon bntuan nya

@Petoalam V.I.D

Bisa saya ketahui type n merk proyektornya?

acer x1161n tampilan warnanya berubah kekuningan, itu apanya yg rusak master? Cara memperbaikinya bagaiamana?

Perbaikan service proyektor acer x1161n dengan tampilan warna kekuningan bisa dilakukan dengan mengganti VGA Cable...

cleaning overhaul engine dan lensa

Gan mau nanya. Projector sy kn ganti pwersuplay yg secound.

Gan.... Projector saya Infocus tidak pernah di pakai selama setahun... kok tiba 2 mati / tidak mau muncul gambar sama sekali..

@ Ki Angkyo Jati

Salam Ki dari service Infocus Medan

Untuk Perawatan dan cara Operasional Proyektor yang telah lama disimpan biusa dilakukan tips berikut:

1. Pastikan untuk mengecek kondisi fisik proyektor sebelum kabel power ditancapkan.
pengecekan fisik dilakukan untuk mencegah serangga masuk dalam unit proyektor seperti cicak, semut, kecoak, lalat dll

2. Jika ada serangga di dalam unit, pastikan serangga tersebut dikeluarkan

3. bolak-balik unit proyektor sebelum dimnyalakan, untuk mencegah adanya benda asing yang masuk di dalam unit proyektor selama di simpan lama.

Jika kondisi dasar tersebut telah dilakukan maka colokkan power supply, TAPI JANGAN LANGSUNG TEKAN TOMBOL ON

diamkan kira2 1-2 menit agar tegangan dan arus merata.

Juika arus sudah merata, baru tekan tombol Power ON.

Jika tampilan tidak muncul bisa dilakukan Bongkar pasang LAMPU Proyektor Terlebih dahulu

Gan projektor sony saya Klog di hidup kn 1 menit timbul bercak" di sudut nya , temen saya bilang Color Wheel yg rusak, kira" harga nya berapa , ada Gk barang nya

Harga Color Wheel Projector sony brapa

Gan projektor sony saya Klog di hidup kn 1 menit timbul bercak" di sudut nya , temen saya bilang Color Wheel yg rusak, kira" harga nya berapa , ada Gk barang nya

@ Dedi Kurniawan:

Semua Proyektor Merk SONY menggunakan LCD Panel sebagai system pewarnaan,,

Proyektor sony tidak memakai colour whell sebagai system pewarnaan..

untuk info lengkap bisa menghubungi admin kami

gan FUNGSI dari ic top 256 punya ben q dengan ic lnk 364pn punya toshiba itu sama kah,, trimakasih sebelumnya,,

gan FUNGSI ic top 256 di ben-q dengan ic LNK 364pn di toshiba, itu samakah? makasih sebelumnya,,

Bos gimana cara mengatasi kipas angin yang tidak mau berputar pada Proyektor..? mohon bantuannya... Proyektor saya TOSHIBA

Gan gimana cara mengatasi kipas angin yg tidak mau berputar pada proyektor.. proyektor saya merk TOSHIBA.. mohon petunjuk gan..

gan saya punya proyektor NEC NP 100 siangnya saya pake masih nyala, saya coba sorenya setelah 1 menit gak mau nyala dan keluar tulisan failed fan, dan lampunya merah kedap kedip, tolong dibantu kenapa ya ? makasih

gan saya punya proyektor NEC NP 100 siangnya saya pake masih nyala, saya coba sorenya setelah 1 menit gak mau nyala dan keluar tulisan failed fan, dan lampunya merah kedap kedip, tolong dibantu kenapa ya ? makasih

gan saya punya proyektor NEC NP 100 siangnya saya pake masih nyala, saya coba sorenya setelah 1 menit gak mau nyala dan keluar tulisan failed fan, dan lampunya merah kedap kedip, tolong dibantu kenapa ya ? makasih

Saya punya hitachi pc rx70 lampu meledup beli ganti nya dimna ya

Saya punya hitachi pc rx70 lampu meledup beli ganti nya dimna ya

@Winda Dainy

Untuk pembelian Lampu Proyektor Hitachi bisa menghubungi bagian ADMIN

Call: 061-80025703
Mobile/WA/SMS: 0813 7310 5258

mas admin butuh pencerahan sya mw tanya mngenai proyektor panasonic pt-lb1vea menyala sbentar lalu satu menit mati,,sy sudah cek power supply oke.sensor oke, fun ok,,,,smpe saat ini sy blom dapat,,,mas admin punya skemanya???

gan projecktor saya epson x300 sering stnbay kira2 10 mnt

Saya punya benq ms 502 kenapa hidup sebentar terus mati lampu nya dan lampu indikator temp menyala fan berputar lebih cepat setelah indikator mati bisa hidup kembali dan terus berulang kenapa ya? Mohon bantuan

Post a Comment